Sabtu, 27 Januari 2024

Latihan Soal MID Semester Matematika SD Kelas 6 Tahun 2024


Berikut latihan soal matematika kelas 6 SD tahun pelajaran 2023/2024. Silahkan bapak ibu guru serta anak sekolah bisa dibaca dan dipahami serta bisa dicoba kerjakan latihan soal matematika kelas 6 SD.


Latihan Soal Mid Semester Matematika Kelas 6 SD: Menyemarakkan Proses Belajar

Dalam persiapan menghadapi ujian mid semester, latihan soal menjadi salah satu cara efektif untuk mengukur pemahaman siswa dalam berbagai konsep matematika. Berikut adalah beberapa latihan soal matematika kelas 6 SD yang dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk mid semester. Adapun materi dalam latihan soal ini mencakup BAB tentang Operasi hitung bilangan bulat yang terdiri dari bilangan negatif, bilangan positif dan bilangan nol serta operasi campuran bilangan bulat. dan ada juga sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat meliputi sifat komutatif, sifat asosiatif dan sifat distributif.

Bagi bapak ibu yang mencari contoh soal latihan MID semester pelajaran matematika berikut bisa di coba untuk diberikan latihan kepada peserta didik.

SOAL

1. Bilangan dan Operasi

Soal 1:Hitunglah hasil dari 456 + 789 - 123 adalah...

Soal 2:Tentukan bilangan yang hilang dalam deretan berikut: 8, 13, __, 23, 28.

Soal 3: Hasil dari 345 + (-234) x (25) adalah...

Soal 4: Hasil dari -34 + (-35) - (-25) adalah...

Soal 5: Edo pergi ke lapangan bersama temannya bernama Ari. Mereka berdiri sejajar ketika sudah dilapangan dan membuat patokan. Edo berjalan 5 langkah kedepan sedangkan Ari berjalan mundur 7 langkah ke belakang. Berapakah selisih jarak Edo dan Ari dalam bilangan bulat?

2. Geometri

Soal 6:Sebuah persegi memiliki panjang sisi 9 cm. Hitunglah keliling persegi tersebut?

Soal 7:Jika panjang dan lebar suatu persegi panjang masing-masing 6 cm dan 8 cm, hitunglah luasnya?

Soal 8: Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 14 cm. Hitunglah keliling dan luas lingkaran tersebut?

Soal 9: Roda dengan panjang jari-jari 35 cm berputar sebanyak 100 putaran. Hitunglah keliling Roda tersebut serta cari berapa jarak yang sudah ditempuh oleh roada?

Soal 10: Ali Pergi kelapangan yang berbentuk lingkaran dengan panjang diameter lapangan adalah 21 meter. Jika disekeliling lapangan akan dipasang lampu dengan jarak antar lampu adalah 5 meter, berapakah banyak lampu yang dibutuhkan?

3. Pecahan

Soal 11:Hitunglah hasil dari 2/3 + 4/5 adalah

Soal 12:Jika suatu kue dibagi menjadi 8 bagian dan 5 bagian diambil, berapa pecahan kue yang telah diambil?

Soal 13: Kakak mempunyai pita sepanjang 1,5 meter. Pita tersebut akan diberikan kepa adiknya sepanjang 0,7 meter. Berapakah sisa pita yang masih dimiliki kakak?

Soal 14: Nelayan menangkap hasil laut sebanyak 3,5 ton ikan dan 2,3 ton kerang. berapakah jumlah total tangkapan yang diperoleh nelayan tersebut dalam satuan kilogram?

Soal 15: Ibu sedang berbelanja di toko dengan membeli gula 1,5 kg, membeli telur 3,5 kg dan membeli kecap 0.7 kg. berapakah total belanjaan ibu di toko?

4. Pengukuran

Soal 16: Sebuah balok memiliki panjang 12 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 8 cm. Hitunglah volumenya?

Soal 17:Jika sebuah jam menunjukkan pukul 3:45, berapa jumlah menit yang telah berlalu sejak jam tersebut menunjukkan pukul 2:30?

Soal 18: Sebuah bangun ruang memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Memiliki 12 rusuk sama panjang, memiliki 6 sisi bidang sama besar, memiliki 8 titik sudut serta perpotongan antarrusuknya adalah 90 derajat. Berdasarkan ciri-ciri tersebut bangun ruang apa yang dimaksud?

Soal 19: Sebuah kotak berbentuk kubus dengan panjang rusuknya adalah 12 cm. Hitunglah voluma dari kotak tersebut serta tentukan luas permukaan dari kotak tersebut?

Soal 20: Sebuah kotak sepatu berbentuk bangun ruang balok dengan volume 600 cm kubik. Jika panjang balok itu 10 cm dan lebar balok itu 20 cm. Berapakah tinggi kotak balok tersebut?


5. Masalah Cerita

Soal 21: Ani memiliki 24 kelereng. Dia memberikan 1/3 dari kelereng-kelereng tersebut kepada adiknya. Berapa banyak kelereng yang diberikan Ani kepada adiknya?

Soal 22:Suatu truk membawa 156 kotak buah. Setiap kotak berisi 12 buah. Berapa total buah yang dibawa oleh truk tersebut?

Soal 23: Sifat operasi hitung mempunya 3 sifat yang bisa diterapkan yaitu sifat komutatif atau pertukaran, sifat distributif atau penyebaran, dan sifat asosiatif atau pengelompokan. tentukan bentuk umum dari ketiga sifat tersebut?

Soal 24: Hitunglah hasil dari operasi campuran berikut. (23 x 5 - (-67)) + 3.456 - (-456) adalah...

Soal 25. Sebuah lingkaran dengan diamter 84 cm. Hitunglah berapa jari-jarinya serta keliling dan luas lingkaran tersebut?

Petunjuk:
1. Bacalah setiap soal dengan seksama.
2. Jangan ragu untuk menggunakan kertas dan pensil.
3. Periksa kembali jawaban Anda sebelum menyerahkan.

Latihan soal ini bertujuan untuk membantu siswa mengidentifikasi area-area di mana mereka mungkin memerlukan pemahaman tambahan. Selain itu, guru dapat memanfaatkan hasil latihan ini untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa, mempersiapkan mereka dengan baik untuk ujian mid semester. Semoga latihan ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi matematika mereka.


Terimakasih

Saya Adalah Guru

Berkomentarlah dengan Baik